Jumat, 13 April 2012

Partikel - Partikel dalam Bahasa Jepang

Partikel wa
Dalam bahasa Jepang partikel wa digunakan untuk menunjukan topic dari sebuah pembicaraan dan mengiringi subjek.
Rei : watashi wa indoneshia jin desu. (saya orang Indonesia)

Partikel wo
Biasanya partikel wo/o diucapkan setelah nama benda atau objek lalu, diikuti dengan kata kerja atau predikat. Fungsinya adalah untuk menunjukkan objek penderita secara langsung.
Rei : Gohan o tabemasu (makan nasi)

Partikel ni
Ada beberapa makna dari penggunaan partikel ni dalam bahasa Jepang. Partikel ni yang memiliki makna “pada” dapat diletakan setelah kata benda tersebut berupa bilangan. Dengan kata lain partikel ni digunakan untuk mengiringi waktu.
Rei : watashi wa hachi ji ni okimasu. (saya bangun jam 8)
Selain itu partikel ni yang terdapat setelah keterangan hari boleh dihilangkan.
Rei : nichiyoobi (ni)  gakoo e ikimasen (hari minggu tidak pergi ke sekolah)

Partikel ni dapat bermakna “di” berfungsi menunjukan tempat atau posisi benda.
Rei : hon wa teburu no ue ni arimasu. (buku ada di atas meja)

Partikel Ga
Partikel ga digunakan untuk mengiringi kata yang menjadi pokok pembicaraan selain subjek
Rei : watashi wa ringo ga suki desu. (saya suka apel)

Partikel no
Partikel no digunakan untuk menyatakan kepunyaan.
Rei : watashi no kaban desu (tas saya)
Partikel no digunakan untuk menyatakan “dari”
Rei : doni san wa Indonesia denki no kaisha in desu (doni san karyawan PLN)
Partikel no digunakan untuk menyatakan buatan / asal
Rei : kore wa inggirisu no jidoosha desu (ini mobil buatan Inggris)
Partikel no untuk menggabungkan eksperesi waktu
Rei : kinoo no ban watashi wa depatoo e ikimashita (kemarin malam saya pergi ke deparment store)


Partikel E
Partikel “E” digunakan untuk menyatakan ke
Rei : kare wa rainen nihon e ikitai. (dia tahun depan akan pergi ke Jepang)

Partikel de
Partikel de menyatakan alat yang digunakan (dengan)
Rei : watashi wa enpitsu de kakimasu (saya menulis dengan pensil)
Partikel de menyatakan tempat untuk kata kerja dinamis (bergerak)
Rei : watashi wa ashita yoru 7 ji ni resutoran de tabemasu. (besok saya makan di restoran jam 7 malam)

Partikel to
Partikel to menyatakan “dan “
Rei : kesa watashi wa gohan to tomago o tabemashita (tadi pagi saya makan nasi dan telur)
Partikel to menyatakan “dengan/ bersama” orang
Rei : watashi wa kazoku to ishouni kaigan e ikimasu (saya bersama keluarga pergi ke pantai)

Partikel mo
Parikel mo digunakan pada penggabungan kalimat yang menyatakan subjek atau predikat yang sama mempunyai makna juga atau “baik… maupun…”
Rei : ani mo otouto mo kaisha in desu (baik ani maupun adik laki - laki adalah karyawan)
Hikaru mo yabu mo terebi o mimasu
Partikel kara
Partikel kara menyatakan “dari”
Rei : watashi wa Indoneshia kara kimashita (saya datang dari Indonesia)

Partikel made
Partikel made menyatakan “sampai”

Rei: watashi wa yoru made benkyou shimasu  (saya belajar sampai malam)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar